|
Depan
> Usia
Lanjut (Aging)
Bahan Makanan Kedelai Mengurangi Risiko Terkena Kanker
PENEMUAN terbaru dari para ahli di China
menyebutkan mengkonsumsi makanan kaya dengan bahan kedelai bisa mengurangi
risiko kanker perut pada wanita. Sebuah penelitian terhadap 1.700 wanita
yang dilakukan oleh Institut Kanker Shanghai mengatakan semakin banyak
kedelai yang mereka makan semakin kecil kemungkinan mereka akan
mendapatkan kanker.
Kedelai mengandung
isoflavones, berisi bahan kimia
dari tumbuhan yang memberikan dampak seperti oestrogen, demikian
penelitian yang dimuat oleh Jurnal Kedokteran Inggris.
Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa pola
konsumsi makanan mengandung kedelai bisa mengurangi terkena kanker
payudara. Bahan kedelai ini diduga juga bisa memerangi penyakit jantung
dan kanker pada umumnya, demikian BBC.
Perbedaan Timur Barat:
Penelitian terbaru ini mengambil data dari 832
wanita dari Shanghai yang berusia antara 30 sampai 69 yang sudah
didiagnosa terkena kanker rahim dan perut antara tahun 1997 sampai 2001
dan 846 wanita sehat dari kelompok umur yang sama.
Para peneliti membandingkan tingkat konsumsi makanan
berkedelai dalam lima tahun. Ditemukan bahwa wanita yang menderita kanker
perut makan kedelai lebih sedikit dibandingkan wanita yang sehat.
Tingkat penderita kanker perut di kalangan wanita
Asia hanya sepertiga atau sperlima dari tingkat di negara-negara Barat.
Para peneliti mengatakan ini besar kemungkinan
karena konsumsi makanan kedelai seperti tahu dan tempe lebih tinggi di
Asia dibandingkan di negara-negara Barat.
Dalam penelitian ini, tingkat isoflavones yang
dikonsumsi para wanita tersebut adalah 25 kali dibandingkan di
negara-negara Barat.
sumber:
Media Indonesia Online
kembali
ke atas
kembali
ke index aging
|